Kamis, 18 November 2010

Android untuk PC

Setelah kapan hari posting tentang Android yang buat khusus mobile (handphone), sekarang ini saya hendak membahas tentang android untuk PC atau Laptop. Sebenarnya OS Android sudah banyak di usung oleh Netbook keluaran Acer, Elevo, Lenovo dsb. Tapi bagi kita yang g pake netbook kan juga kepengen merasakan gimana OS Android ini berjalan di Laptop atau PC kita. Nah, Oleh karena itu setelah pencarian misterius (halah lebay :D) akhirnya bisa nemuin 2 situs yang menyediakan 'menu' Android untuk PC.
Situs yang pertama yaitu Android-x86 terus yang kedua Live-android. Dari kedua situs inilah saya mendapatkan file.iso untuk menginstal OS android di laptop saya. Karena dari situs dan pengembang yang berbeda maka kedua file.iso dari dua situs tersebut memiliki perbedaan yang mencolok juga. Berikut pengamatan (halah :D) yang saya lakukan terhadap laptop saya. Sebelumnya sebagai info saya mencoba kedua OS Android ini melalui Virtual bukan langsung di laptop saya.


1. Android-x86
Kelebihan Android-x86 adalah sudah bisa di instalkan langsung ke harddisk, tidak seperti Live-Android. Untuk menu dan aplikasi Android-x86 lebih ber'warna' dari pada yang satunya. Untuk file.iso-nya kalian bisa download pada link ini. Kebetulan yang saya coba pada laptop saya adalah file yang android-x86-1.6-r2.iso. Karena setau saya nech itu yang terbaru :D
Nah, untuk instalasinya karena saya pakai virtual maka lumayan tidak ada kendala hanya saja saat pakai VMware settingan harddisk harus IDE, karena jika pakai SCSI (default settingan dari VMware) maka installasi akan gagal di tengah jalan.
Namun mungkin karena baru pertama kali memakai android agak binggung juga dengan pengoperasiannya, karena g ada sebuah button untuk kembali ke halaman sebelumnya (dekstop misal). Lalu game yang telah terinstall di dalam OS tidak bisa berjalan sempurna cuma 1/3 layar dan pengontrolnya susah.

2. Live-android
Untuk Live-android sendiri hanya bisa live CD atau USB, belum bisa terinstall di harddisk seperti halnya Android-x86. Sedangkan dalam hal menu untuk Live-android sendiri masih tergolong lebih sedikit dari pada Android-x86. Nah, untuk mendapatkan file image.iso dapat kalian download di link berikut ini. Live-android yang saya coba dalam uji coba kali ini kebetulan liveandroid versi 03.iso. Seperti yang sebelumnya juga versi 03 merupakan versi terbaru dari live-android penyempurnaan dari 2 versi sebelumnya.
Namun saya harap sebelum download file image.iso-nya kalian download dulu yang readme.txt dulu. Karena disitu nanti akan dijelaskan cara penyatuan file image.iso, disana kan ada iso.001 dan iso.002 nah itu nanti akan download aplikasi lagi untuk menyatukan 2 file tersebut. Karena saya lupa nyimpan link untuk aplikasi tersebut lebih baik kalian baca readme-nya aja disana ada kok link-nya.
Untuk installasi tidak ada masalah karena cuma berupa live CD saja. Terus tentang menu dan aplikasinya seperti halnya memakai Android-x86 disni saya juga masih binggung pengoperasiannya, jadi mungkin ada dari temen-temen mau ngajari saya tunggu :D

Berikut print screen dari Android-x86 :

Kalau yang ini print screen dari Live-android :






Harapan saya suatu saat nanti akan ada OS android untuk PC, jadi kita bisa bener-bener menikmatinya g cuma dapat live cd seperti kali ini saja. Karena seperti bahasan kemarin android berasal dari linux kernel 2.6 jadi pasti akan ada pengembangan yang lebih baik. Semoga saja :D
Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. bisa download dari android store ndak

    BalasHapus
  2. wah kurang tau ane gan...maklum bukan pengguna android..
    ane download keduanya dari link berikut ini gan:
    yg x86 --> http://www.android-x86.org/
    yg live --> http://code.google.com/p/live-android/

    BalasHapus

Setiap komentar temen-temen akan membantu saya membangun blog ini untuk lebih baik..
Terimakasih..