Kamis, 18 November 2010

Mengedit GRUB Loader

Untuk para pengguna dual OS atau lebih pasti akan sangat mengenal yang namanya GRUB Loader. Nah, untuk yang bosan lihat grub loader gitu-gitu saja maka disini ada sedikit tips dan triks untuk merubahnya :D. tapi buat yang masih binggung apa itu grub loader, definisinya adalah menu pilihan sistem operasi yang tampil saat kita melakukan booting. Nech visualisasinya untuk memperjelas gambaran grub loader itu.
Nah, disini kita akan sedikit melakukan perubahan pada GRUB Loader milik kita. Disini kita akan mengganti text menu pilihan system operasi, default system operasi dan waktu countdown nya. Caranya sangat mudah, pertama kalian masuk di OS linux yang ada terus kalian cukup merubah file bernama grub.cfg yang berada di folder /boot/grub/grub.cfg. Terus kalian login sebagai root terlebih dahulu dan buka file tersebut menggunakan editor nano atau gedit terserah. Nech cara-cara untuk merubah hal-hal tersebut :

    1. Untuk merubah tampilan judul / menu system operasi dengan nama lain, kalian cukup merubahnya pada bagian : menuentry, misalkan kalian ingin merubah menu windows (Windows NT/2000/XP (loader) (on /dev/sda1)), kalian dapat merubahnya pada bagian : menuentry "Windows NT/2000/XP (loader) (on /dev/sda1)" menjadi tulisan yang lain sesuai selera. Begitu pula untuk mengganti menu entri lainnya.

    2. Untuk merubah default operating system (sistem operasi default yang terpilih saat booting) kalian cukup merubahnya pada bagian yang bertuliskan : set default="0". Rubah angka 0 ke angka system operasi yang kalian inginkan sesuai urutan dari list yang ada.

    3. Untuk merubah countdown timer, kalian dapat merubahnya pada bagian : set timeout=10 , ganti angka 10 menjadi angka lain sesuai selera (dalam detik).
      Setelah kalian selesai melakukan perubahan, simpan grub.cfg. Keluar dari editor, restart komputer, dan jreeeng :D lihat perubahan yang sudah kalian buat. Selamat mencoba.

      sumber : 
      - http://www.cobalihatsaja.com/2010/08/merubah-tittle-grub-loader.html

      2 komentar:

      1. wuaahh...nais inpoh gan.. :D

        kebetulan sering jengkel ma GRUB loader punya ane soalny kl idupin lepi males nungguin..kelamaan..akhirnya otomatis masuk ke linux ny +_+" bingung gantinya gimana :D

        good job bro! [:-bd]

        BalasHapus
      2. hahahha...
        suwon tengkyu syukron gan.. :D

        Ya moga bermanfaat buat anti apa yang ane pos'in...
        Kalau masih bingung gimana ngeditnya jangan sungkan tanya gan.. :D

        wihhh.. bro????
        ukay sist.. =))

        BalasHapus

      Setiap komentar temen-temen akan membantu saya membangun blog ini untuk lebih baik..
      Terimakasih..